Headlines
Published On:Selasa, 26 Maret 2013
Posted by ridhaputra

Begini lokasi kematian Jenderal Kohler saat ini


Prasasti lokasi terbunuhnya Jenderal Kohler di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
BEBERAPA orang terlihat sedang menikmati keindahan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Selasa 26 Maret 2013. Di halaman masjid beberapa petugas sedang membersihkan sampah, termasuk dedaunan yang berguguran dari pohon geulumpang atau disebut Kohlerboom yang tingginya baru mencapai 4 meter.
Kohlerboom merupakan lokasi tempat Jenderal Johan Harmen Rudolf Kohler ditembak mati oleh sniper Aceh pada 14 April 1873. Di bawah pohon tersebut terdapat sebuah prasati yang terbuat dari batu berukuran 60 centimeter x 1,5 meter.
Di prasasti tersebut dituliskan bahwa Mayor Jenderal JHR Kohler telah terbunuh di sini pada 14 April 1873 ketika ia memimpin serangan terhadap Masjid Agung Baiturrahman.
Prasasti itu dibuat dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris dan teranyar dalam bahasa Indonesia.
Saat ini, pohon geulumpang yang berada di tugu tersebut merupakan hasil reboisasi. Pohon geuleumpang yang menjadi saksi sejarah kematian jenderal Belanda dalam serangan pertamanya ke Aceh sudah ditebang. Kepingan pohon geuleumpang tersebut diletakkan di Museum Aceh.
Salah satu pemandu di kompleks Museum Aceh bernama Nurhayani kepada ATJEHPOSTcom mengatakan tidak tahu pasti kapan pohon itu ditebang dan siapa yang menembangnya. Dia juga tidak tahu kapan kepingan pohon tersebut dipindahkan ke kompleks Museum Aceh.
“Tidak ada sejarah pasti yang menyebutkan kapan pohon tersebut ditebang dan siapa penebangnya serta kenapa ditebang,” kata dia.
Namun kata Nurhayani, dibawanya kepingan pohon tersebut ke Museum Aceh sebagai tanda besarnya nilai sejarah pohon tersebut yang menjadi saksi bisu tewasnya Kohler.

About the Author

Posted by ridhaputra on 07.02. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By ridhaputra on 07.02. Filed under . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Begini lokasi kematian Jenderal Kohler saat ini"

Leave a reply

Diberdayakan oleh Blogger.